Menurut Pendapat Kalian Bagaimana Isi Dari Blog Saya???

Senin, 03 Oktober 2011

Analisis Jurnal Tema Kewirausahaan tugas ke 2


Analisis Jurnal                                                                 Tema     : Kewirausahaan
Judul             :  Kewirausahaan Bagi Kelompok  UPPKS-PROKESRA
Pengarang     :  Budiman
Tahun           :  2004
Latar Belakang Masalah :

ü  Fenomena   : Dalam usaha skala sangat kecil, pengembangan usaha kelompok di mulai dari pengembangan diri anggota kelompok, dengan melakukan : Meet, Learn and Multiply, dan mengikuti urutan aspek pengembangan : Organisasi, produksi, pemasaran, pendanaan.

ü  Penelitian sebelumnya  : Budiman, 1999

ü  Motivasi Penelitian         : Mengelola usaha memerlukan sikap kewirausahaan, yang di simpulkan menjadi : “ bekerja dengan keyakinan memperoleh hasil pada usaha yang tepat, bukan hanya untuk memperoleh uang tetapi juga dapatmengelola uang dengan benar”.

Masalah       : Dalam konteks ekonomi produktif di perlukan sikap kewirausahaan bagi kelompok untuk dapat mengembangkan kelompoknya oleh karena itu penulis membuat uraian tentang kewirausahaan khususnya bagi kelompok UPPKS-PROKESRA yang mempunyai skala sangat kecil.
Tujuan Penelitian : membahas aspek-aspek kewirausahaan yang tepat guna bagi pengembangan kelompok UPPKS-PROKESRA yang mempunyai skala usaha sangat kecil.



Metodologi :
·         Data : penulis menggunakan data pencatatan financial dalam tulisannya hal ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pola arus kas secara umum bagi karakteristik wirausahawan yang menghendaki kesuksesan yang akan mengalami kegagalan.penulis menggunakan system pola arus kassebuah asset dan pola aruskas sebuah liabilities.

·         Variabel :

Pola arus kas asset :                                                       
                           

·   
  Pola arus kas liabillities    

                                          

















      Tahapan penelitian
Di dalam jurnalnya penulis mencantumkan bahwa dalam melakukan kegiatan wirausaha kita wajib melakukan MLM atau Meet,Learn and Multiply
1.       Meet (bertemu)    :  Dalam berkegiatan usaha,pengusaha harus menemui orang lain untuk di jadikan mitra kerja atau dapat di jadikan pelanggannya.
2.       Learn (belajar )       : Dalam berkegiatan usaha pengusaha haruslah memulai usahanya dengan belajar “awal” (dalam bahasa inggris learn bukan study) dengan demikian pengusaha dapat berkembang seiring pembelajarannya tentang menjalankan wirausahanya
3.       Multiply                     :  kegiatan terakhir yang harus di lakukan Dalam berkegiatan usaha adalah melipatgandakan hasil dari usaha yang di lakukannya.
 
·         Model penelitian :
Dalam jurnal ini peneliti menggunakan model penelitiandalam pola arus kas pada orang miskin, menengah dan kaya.
1.       Pola arus kas orang miskin

2.       Pola arus kas orang menengah 
 3.       Pola arus kas orang kaya


Hipotesis
                       1. Dalam berwirausaha haruslah menguasai ilmu bagai mana menggunakan input, melakukan proses dan menghasilkan output.
                       2. Sedang dalam prosesnya pelaku wirausaha harus melewati aspek aspek yang masih harus di perhatikan dalam berwirausaha yaitu kuantitas, kualitas , kontinuitas , serta kemasan.

Implikasi
Dalam melakukan pekerjaan kita di hadapkan oleh 4 kebiasaan :

1.      1.  Anda bekerja pada orang lain dalam artian kita hanya mendapat kan upah yang tidak sebanding dengan apa yang pemilik dapatkan, sehingga hal ini sama halnya dengan anda memberikan keberhasilan pada orang lain sedangkan anda masih harus berusaha keras untuk bisa berhasil.
2.    2.  Anda bekerja untuk pemerintah dalam hal ini bekerja di dalam pemerintahan memang merupakan hal yang membanggakan namun di sisi lain pemerintah mengambil bagiannya dari upah yang kita terima melalui potongan pajak penghasilan yang kalau di hitung hitung sama halnya kita bekerja dari januari-mei hanya untuk pemerintah.
3.    3.  Anda bekerja untuk bank biasanya hal ini di lakukan bukan hanya orang yang bekerja secara aktif di perbankan namun kita nasabahpun dapat disebut pekerja yang menyokong kinerja perbankan karena selain pajak,pengeluaran terbesar masyarakat sekarang ini akan di alokasikan pada hipotek/cicilan rumah dan kartu kredit yang bisa di artikan kita membantu kemakmuran bank tersebut.
4.  Anda bekerja untuk diri sendiri ini merupakan cara yang benar-benar bisa memberikan kemakmuran pada diri andakarena proses pemasukan kas secara langsung dapat di alokasikan ke dalam kas keuangan diri anda.dengan begitu anda dapat menikmati kehidupan yang sejahtera.

tugas ini buat berdasarkan tugas dari bapak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar